Bagikan

Randutatah – Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Probolinggo, melakukan sosialisasi dan koordinasi tentang pentingnya lumbung pangan, di Desa Randutatah, Selasa (11/07/2023).

Kepala Desa Randutatah, Suham dalam sambutannya mengatakan, pihaknya akan terus mendukung setiap program yang dicanangkan oleh Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Probolinggo.

“Kami siap mendukung semua program yang ada di Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan di Kabupaten Probolinggo, semua demi masyarakat Desa Randutatah,” jelasnya.

Sementara itu, Perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo, Kepala Balai Pertanian Paiton, Yoyok Wagiyanto mengatakan, adanya lumbung pangan ini merupakan hal yang sangat penting, terutama semua hasil pertanian di Desa Randutatah.

“Sangat penting ini lumbung pangan, jadi hasil pertanian dari masyarakat Desa Randutatah bisa ditampung di lumbung pangan,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kabupaten Probolinggo, Didik Tulus P mengatakan, dari jumlah penduduk di Kabupaten Probolinggo, sekitar 400 ton setiap harinya.

“Untuk lumbung pangannya ini, idealnya di Kabupaten probolinggo 1,2 juta penduduk, misalkan kalau memerlukan pangan, 0,3 kg saja, paling tidak 400 ton perhari, kalau tidak ada lumbung pangan bisa berakibat buruk dengan lumbung pangan bisa teratasi,” singkatnya. (pemdes)