Bagikan

Randutatah – Karang Taruna bekerjasama dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Insan Kamil Desa Randutatah, menggelar Talk Show Parenting, untuk memberikan pengetahuan terhadap orang tua dalam menguatkan pola asuh terhadap anak. Minggu (16/07/2023).

Kepala Desa Randutatah, Suham, mengatakan, penerapan pola asuh yang baik terhadap anak sangatlah penting dalam membentuk karakter anak.

“Kegiatan semacam ini sangatlah penting dilakukan, hal itu memberikan pengetahuan kepada kita semua sebagai orang tua dalam mendidik anak setiap hari,” katanya.

Terutama ia menegaskan, pola kerjasama yang baik harus dijalin bagi orang tua dan para dewan guru yang ada di lembaga pendidikan, sehingga ada kesinambungan pola asuh anak pada saat ada di sekolah dan di rumah.

“Kerjasama dengan baik antara guru dan orang tua, sehingga anak saat ada di sekolah dan di rumah pola asuhnya tetap sama, artinya bisa bekerjasama dengan baik, antara orang tua dan guru dalam memberikan pola asuh yang baik kepada anak,” tegasnya.

Pembicara talk show, Siti Berlian, S.Psi, menerangkan bahwa dalam penguatan pola asuh terhadap anak, peran orang tua sangatlah penting.

Ia menjelaskan, ada beberapa poin penting dalam menerapkan pola asuh anak yang baik,seperti membimbing, mengarahkan, melindungu dan memberi tahu anak.

“Membimbing, mengarahkan, melindungi dan memberi tahu, kepada anak dalam melakukan hal yang baru dalam menerapkan tumbuhkembang anak,” jelasnya.

Pengasuhan adalah aktivitas untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara fisik, kecerdasan, emosional, spiritual, dan sosial. Karena itu, pengasuhan anak dapat dilakukan oleh siapa pun, tidak harus oleh ibu yang melahirkannya, dan tidak harus mempunyai hubungan biologis dengan anak.

“Tidak sedikit anak menjadi tangguh dan berhasil menjalani kehidupan yang rumit, karena bertemu dan diasuh oleh orang-orang yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam mengasuh anak, serta mempunyai dedikasi yang tinggi,” ungkapnya. (pemdes)