Bagikan

Randutatah – Pada tahun terakhir ini masyarakat mulai sadar akan bahaya kegemukan dan adanya kecenderungan (trend) mode yang mengagungkan tubuh langsing menyebabkan banyak orang berlomba-lomba mencari upaya bagaimana menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah tanpa memperhatikan kesehatan tubuhnya. Demikian juga yang terjadi kepada kelompok ibu- ibu di desa Randutatah yang rata-rata berumur 30-45 tahun Banyak cara untuk mengatasi hal tersebut. salah satunya adalah menurunkan berat badan dengan pengaturan pola makan dan berolahraga Bentuk aktifitas fisik yang sudah dikenal oleh masyarakat dan yang sesuai untuk kelompok ibu- ibu PKK didesa Randutatah  adalah Senam Aerobik dan senam Anerobik.

Berdasarkan wawancara dengan Ibu-Ibu PKK menjelaskan, bahwa Kelompok ibu-ibu pemula di desa Randutatah  yang rata-rata berumur 30-45 tahun lebih banyak disibukkan oleh pekerjaan rumah dari pagi sampai sore dan waktu malam harinya digunakan untuk istirahat sehingga tidak pernah meluangkan waktu untuk berolahraga. Upaya yang akan dilakukan adalah kegiatan senam  untuk mengetahui dan menjawab permasalahan antara senam aerobik dan anaerobik mana yang lebih cocok untuk kelompok ibu-ibu di randutatah dalam meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya senam satubulan  sekali di lingkungan desa untuk menjaga kesehatan dan menjaga tubuh tetap langsing.

Ibu – ibu PKK di desa Randutatah selalu mengadakan kegiatan pertemuan satu kali dalam satu bulan untuk mempererat tali silaturahim dan mengadakan arisan serta senam .yang dilalkukan secara Rutin.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini memberi manfaat dicapai sebagai pengalaman serta mampu memberikan dampak langsung kepada masyarakat khususnya ibu-ibu PKK. Adapun beberapa manfaat yang secara khusus adalah:

 1. Bagi masyarakat mendapat pengetahuan langsung tentang pentingnya menjaga kebugaran jasmani.

 2. Bagi lingkungan luas agar dapat memanfaatkan sumber daya serta fasilitas yang tersedia, serta dapat mengisi waktu luang masyarakat untuk menjaga kesehatan.

3. Bagi pimpinan ibu- ibu PKK di desa randutatah  agar bisa senantiasa mengadakan program-program maupun kegiatan-kegiatan di setiap ruang lingkup lingkungan.

Karena dalam kegiatan PKK yang biasanya hanya mengadakan kocok arisan dalam pertemuan membuat pertemuan terasa bosan tanpa adanya dilakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Secara khusus hasil dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yakni sebagai berikut :

1. Kegiatan senam ceria sebagai salah suatu alternatif menambah kebugaran bagi ibu ibu yang tergabung dalam kelompok PKK.

 2. Kegiatan senam ceria memberikan manfaat dalam terhubungnya silaturahim ibu – ibu PKK di Randutatah

3. Menambah kegiataan bulanan PKK yang bermanfaat serta menambah wawasan para ibu –ibu dalam hal mengenai Olahraga. (pkk)